(5/9/2013),Tahapan Kampanye Pilkada Ciamis Dimulai

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, memulai tahapan kampanye Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ciamis pada Kamis (5/9/2013). Hari pertama pelaksaan kampanye akan dilakukan dengan penyampaian visi-misi dan kampanye dari seluruh pasangan calon.

Ketua KPU Kabupaten Ciamis Kikim Tarkim mengatakan, pelaksanaan kampanye ini akan berlangsung hingga dua minggu ke depan yang diakhiri dengan debat kandidat pada Rabu (18/9/13) mendatang.

“Agenda hari pertama yaitu penyampaian visi-misi calon di Gedung DPRD Ciamis dan deklarasi damai. Kegiatan pun kemudian dilanjutkan dengan konvoi seluruh pasangan calon,” ujar Kikim seusai menghadiri rapat persiapan penyampaian visi-misi dan debat kandidat di Kantor KPU Ciamis, Rabu (4/9/13).

Memasuki masa kampanye selanjutnya, diungkakan Kikim, tahapan selanjutnya yaitu pelaksanaan kampanye terbuka di empat zona kampanye dalam tiga putaran. Masing-masing calon bisa memanfaatkan waktu kampanye selama 12 hari di sejumlah kecamatan.

“Dari keempat pasangan calon, semuanya akan bergantian melakukan masa kampanye dari tanggal 6 hingga 17 September. Titik kampanye sudah disepakati bersama termasuk pemasangan atribut pasangan calon. Selain itu ada juga zona terlarang kampanye,” tutur Kikim.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pilkada Kabupaten Ciamis tercatat 1.233.822 orang yang terdiri dari 611.023 pemilih laki-laki dan 622.799 pemilih perempuan. Adapun tempat pemungutan suara se-Kabupaten Ciamis yang akan disiapkan ada 3 ribu tempat pemungutan suara (TPS). Jumlah TPS paling banyak berada di Kecamatan Banjarsari. “Jumlah DPT di Banjarsari memang terbanyak di Kabupaten Ciamis, yaitu sebanyak 84.470 pemilih,” kata Kikim.

Untuk diketahui, Pilkada Ciamis diikuti empat pasangan calon. Tiga pasangan berasal dari partai politik dan satu pasangan dari jalur perseorangan. Pasangan nomor urut satu yaitu pasangan calon Iing Syam Arifin-Jeje Wiradinata (Sajiwa) yang diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan, dan PPP. Adapun pasangan nomor urut dua, yaitu Bagus Arief Wiwaha-Akasah (Berkah) yang diusung Partai Demokrat.

Pasangan nomor tiga yaitu Budi Kurnia-Mita Permatasari (Bumi) diusung PAN, PBB, PKB, PKS, Hanura, dan Gerindra. Sedangkan pasangan nomor empat yaitu Heddy Suhendra-Yedi, dari jalur perseorangan.

Source: Pikiran Rakyat

Topic:

Just For You