Ad image

BNNK CIAMIS AJAK AWAK KENDARAAN BERPERAN DALAM UPAYA P4GN

ciamisnews
ciamisnews

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) / Abdiyasa Teladan sebagai bentuk penghargaan kepada profesi pengemudi kendaraan angkutan penumpang bertempat di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis jalan Oto Iskandardinata Lingkar Selatan- Benteng Ciamis pada hari Rabu (9/5/2018).

Sebanyak 13 Orang peserta yang hadir merupakan perwakilan dari pengemudi Angkutan Kota (Angkot), pengemudi Angkutan Pedesaan (Angdes) dan Pengemudi Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Menurut Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Erwan Darmawan, S.TP., M.Si., sebelum terpilih menjadi Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT), para peserta diberikan pengarahan, pembekalan dan pembinaan dari sejumlah pemateri yang salah satunya dari BNN, untuk memberikan pemahaman kepada peserta terkait dengan bahaya narkoba, serta sekaligus dilakukan pemeriksaan urine kepada peserta yang hadir sehingga peserta yang mengikuti pemilihan awak kendaraan ini benar-benar bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Ada keterkaitan antara narkoba dengan keselamatan dijalan, dimana kita ketahui bahwa sopir atau awak angkutan adalah tulang punggung dalam keselamatan angkutan, apabila mereka mengkonsumsi narkoba tentu ini akan sangat berpengaruh terhadap keselamatan dirinya dan juga penumpang.

Erwan menghimbau kepada peserta yang hadir khususnya, untuk menghindari narkoba jangan pernah mencoba narkoba.

Selanjutnya narasumber dari BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, S.H., menjelaskan bahwa dewasa ini penyalahgunaan narkoba sudah semakin mengkhawatirkan.

Masalah narkoba sudah sangat mengkhawatirkan, apalagi Presiden Republik Indonesia mengatakan “Indonesia Darurat Narkoba”, sebab kejahatan atau penyalahgunaan narkoba akan berdampak lebih dahsyat terhadap kehidupan manusia apabila dibandingkan dengan perbuatan kejahatan lainnya yang sama-sama merugikan bangsa dan negara.

Pada kegiatan ini,Yaya juga menjelaskan mengenai apa itu narkoba, jenis narkoba dan sanksi hukum yang diberikan kepada penyalahguna narkoba.Yaya berharap awak angkutan dapat menyampaikan kembali informasi tersebut kepada keluarga dan lingkungan sekitar.

Yaya menghimbau, peran serta masyarakat dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sangat diperlukan, karena BNN tidak bisa bergerak sendiri dalam menangani permasalahan narkoba ini. BNN siap bersinergi dengan pihak mana pun juga termasuk awak angkutan untuk mengatasi permasalahan narkoba ini.

Press Release By BNNK Ciamis

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *