Budi-Mita Diduga Catut Lagu The Nation Band Tanpa Izin

Salah satu lagu dari grup band indie Ciamis The Nation, yang berjudul “Ciamis Dinamis”, diduga dicatut pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Budi Kurnia-Mita Permatasari untuk kepentingan kampanye pasangan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, kuasa hukum The Nation yang diwakili Asep Mulyana, mengajukan keberatan dan mempertanyakan pencatutan lagu tersebut. Kuasa hukum pun kemudian melakukan perundingan dengan utusan dan kuasa hukum pasangan Budi-Mita, Minggu (15/9/2013).

Namun, dari proses perundingan tersebut, kedua belah pihak tidak menghasilkan kesepakatan. Pihak The Nation memberikan tenggat waktu secepatnya kepada pihak Budi-Mita untuk membicarakan permasalahan tersebut secara internal.

“Tadinya kami mengharapkan dengan dilakukannya perundingan ini, pihak Budi-Mita bisa memberikan alasan dugaan pencatutan lagu kami untuk kepentingan kampanye Pilkada Ciamis. Dengan pencatutan lagu tersebut, pihak kami merasa dirugikan dan dianggap telah melanggar hak cipta,” ungkap Asep didampingi salah satu pengarang lagu “Ciamis Dinamis”, Rahman dalam jumpa pers yang dilakukan.

Asep menjelaskan, munculnya permasalahan dugaan pencatutan lagu tersebut, diketahui saat pasangan Budi-Mita melakukan kampanye ke sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis. Dalam kampanyenya, pasangan ini pun membagikan kepingan cakram padat (CD, compact disk) kepada warga. Dalam beberapa lagu dalam CD tersebut, terdapat 5 lagu kampanye.

Dalam 5 lagu tersebut, terdapat salah satu judul lagu “Ciamis Manjing Dinamis” yang diklaim merupakan lagu milik The Nation yang berjudul “Ciamis Dinamis” yang diciptakan Rahman, seorang kru grup band ini.

Semula, lagu Ciamis Dinamis ini diciptakan Rahman dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Ciamis. Akan tetapi, memasuki masa kampanye Pilkada Ciamis, lagu tersebut digunakan salah satu pasangan calon bupati-wakil bupati untuk kepentingan kampanye.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, CD tersebut dipesan pihak Budi-Mita kepada salah satu studio rekaman di Kota Tasikmalaya.

“Namun, dalam CD itu judul lagunya diubah menjadi ‘Ciamis Manjing Dinamis’. Lirik lagunya tidak ada perubahan, namun visualisasinya diubah menjadi kegiatan-kegiatan pasangan calon ini selama masa kampanye, Jelas-jelas ini telah melanggar undang-undang hak cipta. Kami pun mempunyai CD master dan partitur dari lagu yang dicatut itu sebagai bukti bahwa lagu itu memang milik klien kami,” kata Asep. (prlm/cnc)***

Topic:

Just For You