Ad image

Bupati Ciamis Serahkan Bantuan 500.000 Ekor Benih Ikan Untuk Perairan Umum

ciamisnews
ciamisnews

CIAMIS — Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) menyerahkan bantuan 500ribu benih ikan untuk kegiatan restocking di perairan umum Ciamis yang didapat dari Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan Provinsi Jawa Barat di halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (25/6/2020).

Bantuan tersebut diserahkan kepada Kepala UPTD Disnakkan Kabupaten Ciamis dan kelompok peternak ikan untuk nantinya ditebar diperairan umum.

Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan ketahanan pangan dan peningkatan gizi masyarakat khusunya yang berkaitan dengan konsumsi ikan.

“Hal ini sejalan dengan visi Ciamis “Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera Untuk Semua,” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saa memberikan keterangan disela-sela kegiatan penyerahan bantuan benih ikan.

Herdiat juga menyampaikan terima kasih kepada Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat atas bantuan benih ikan yang telah diberikan.

“Terimakasih atas bantuan yang telah diberikan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat yang diserahkan melalui Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan,” ucapnya.

“Bantuan benih ikan yang diserahkan sangat bermanfaat untuk meningkatkan Produksi hasil tangkap ikan dan menjaga ekositem ikan di perairan umum,” tambah Herdiat.

Penyerahan Laporan hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LH LKPD) Tahun Anggaran 2019 secara virtual dari Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Kamis (25/6/2020).

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis Syarif Nurhidayat menerangkan, tujuan dari penyerahan bantuan benih ikan untuk menjaga keseimbangan ekosistem serta meningkatkan jumlah produksi ikan tangkapan.

“Ditebar diperairan umum dilakukan untuk menjadikan Lumbung pangan hewani serta penambahan stok dan ragam jenis ikan untuk dimanfaatkan oleh masyarakat nantinya,” terangnya.

Ia menjelaskan, jenis benih ikan yang diberikan berupa nila, dan patin sebanyak 500ribu ekor yang akan ditebarkan untuk 24 perairan umum di Kabupaten Ciamis.

“Rencana lokasi Restocking yaitu diperairan umum diantaranya sungai, danau, waduk, cekdam rawa dan genangan air lainnya,” jelas Syarif Nurhidayat.

Untuk lokasi penebaran diantaranya, Cekdam Singapraya, Cekdam Ciwaled, Situ Rancagede, Situ Cimonteng, Cekdam Jaha, Embung Werkit, Situ Lengkong, Situ Cimulya, Cekdam Jati, Cekdam Legokjeruk, Embung Desa Ciakar, Cekdam Sukanagara, Cekdam Cinangka, Situ Wangi, Situ Hiyang, Sungai Cilaku, Cekdam Bantarasari, Cekdam Ciawi, Rawa Pasung, Rawa Pasungsari, Situ Rancabungur, Ranca Bitu, Cekdam Ciwahang dan Cekdam Panyeuseuhan.

Selain itu, pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan paket hygeine dan sanitasi berupa wastafel portabel, sabun cuci tangan, desinfektan dan hand sanitizer yang akan diserahkan kepada pelaku usaha olahan, pedangan dan konsumen pasar manis serta pengelola pasar ternak Ciamis.hal tersebut bertujuan untuk pengendalian penyebaran virus COVID-19 di sektor usaha peternakan.

HUMAS CIAMIS
Kepala Bagian Humas
Setda Kabupaten Ciamis
Ani Supiani, ST., M.Si

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *