Bupati Herdiat: Festival Durian Kalijaya Upaya Tingkatkan Ekonomi Petani Durian Lokal

HumasCiamis – Festival Durian Kalijaya menjadi salah satu tujuan masyarakat yang ingin menikmati durian yang leat dan manis dengan harga yang ekonomis. Selain menarik pengunjung festival ini juga berdampak baik kepada ekonomi para petani durian Kalijaya ini sehingga oerlu pengenbangan untuk lebih mengenalkan produk pertanian ini diskala regional bahkan nasional.

“Bukan hanya Desa Kalijaya saja yang menjadi penghasil durian lokal. Namun beberapa daerah lainnya seperti wilayah Benteng dan Rancah, juga memiliki potensi durian lokal yang sama bagusnya”, kata Herdiat saat diwawancarai tim HumasCiamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana membuka kegiatan festival durian Kalijaya, yang berlokasi di lapangan Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis, Jawa Barat, Rabu (19/02/2020), siang.

Pada kesempatan tersebut Herdiat bersama rombongan langsung mengunjungi stand-stand pameran yang menjajakan aneka jenis durian. Tak lupa Herdiat pun menikmati durian lokal asli Kalijaya.

“Produk unggulan dari Desa Kalijaya ini bukan hanya durian saja, ada kopi dan manggis yang juga sudah terkenal hingga ke luar wilayah. Perlu kiranya dikembangkan potensi ini hingga terintegrasi, kita juga akan upayakan pengembangannya melalui UMKM yang ada saat ini,” katanya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (ditengah) bersama Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana (Kanan0 dan Kepala Dinas Pertanian menikmati durian pada Festival Durian Kalijaya, Rabu (19/02/2020). Foto: Dok Humas Ciamis

Sementara itu, Kepala Desa Kalijaya Yosep Kurniawan mengatakan, festival durian ini digelar dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Kalijaya khususnya, melalui hasil pertanian.

“Festival Durian Kalijaya sudah tiga kali diselenggarakan. Dengan terus dilaksnaakannya kegiatan ini, jelas para petani durian disini bisa terus meningkatkan penghasilannya,” tutur Yosep.

Sebelum dilaksanakan festival ini, durian Kalijaya belum seterkanal hari ini, dengan harganya yang sangat ekonomi diantara Rp7.000 hingga Rp20.000, itu pun sudah ukuran yang besar.

“Dengan terselenggaranya festival ini, durian Kalijaya sudah mulai di kenal ke luar wilayah hingga bisa meningkatkan nilai jual yang sangat signifikan,” jelasnya..

Para pengunjung tetap antusias mengikuti festival durian ini, meski kondisi lapangan becek dikarenakan guyuran hujan dimalam sebelumnya. Masyarakat dan pengunnjung bersuka cita dengan menikmati suguhan aneka durian dari berbagai stand yang ada di festival ini.

*humas.ciamiskab.go.id

Topic:

Just For You