Ciamis Terima Bantuan Rp 1,06 miliar Dari Kementerian Kelautan

Pemerintah Kabupaten Ciamis mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Kelautan RI sebesar Rp 1,06 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan pasar ikan di Kabupaten Ciamis.

Dijelaskan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Ciamis, Sutriaman, jumlah bantuan tersebut akan digunakan untuk membangun 18 kios pedagang ikan. Lokasi pasar ikan akan dibangun di sebelah selatan Pasar Manis Ciamis dengan menggunakan lahan 400 meter persegi.

“Ditargetkan pembangunan pasar ikan tersebut akan rampung pada November 2013. Dengan demikian, pedagang ikan yang saat ini berjualan di trotoar jalan, akan bisa secepatnya menempati kios-kios yang telah disiapkan,” ungkap Sutriaman saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (30/9/2013).

Lebih lanjut dikatakan Sutriaman, setelah nantinya kios tersebut selesai dibangun, pengelolaan operasionalnya akan diserahkan ke Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Ciamis sebagai leading sector perdagangan.

Dijelaskan dia, rincian penggunaan anggaran DAK tersebut dibagi menjadi 2 paket, yakni pembangunan fisik dan dokumen perencanaan. Untuk pembangunan fisik, perencanaan, dan pengawasan menggunakan anggaran sebesar Rp 972 juta lebih. Sedangkan untuk kegiatan dokumentasi perencanaan dan pelaporan menggunakan anggaran sebesar Rp 88,4 juta.

“Pembangunan pasar ini pun sebagai upaya untuk penataan pedagang ikan untuk menciptakan tata kota yang tertata rapi,” ucap dia. (PR/CNc)***

Topic:

Just For You