Ad image

Edukasi Deteksi Dini Kesehatan Remaja, DPPKBP3A Kabupaten Ciamis Gelar Penyuluhan Anemia

ciamisnews
ciamisnews
Dosen Prodi D3 Kebidanan Stikes Muhamadiyah, Resna Litasari, M.Tr Keb selaku narasumber penyuluhan Anemia pada remaja di GOR Kelurahan Sindangrasa Ciamis, Jum’at, 26/02/2021.

Ciamis,- Dalam rangka memberikan edukasi terhadap generasi remaja, Dinas P2KBP3A Kabupaten Ciamis menggelar penyuluhan mengenai edukasi deteksi dini dalam masalah kesehatan pada remaja yang diikuti oleh 30 orang remaja PIK-R.

Kepala Bidang Dalduk Penyuluhan dan Penggerakan Ir. Djafar Shiddiq, M.Si, dalam sambutannya mengatakan salah satunya memahami gejala anemia terhadap remaja di Gor Kelurahan Sindangrasa Kecamatan Ciamis, Jum’at (26.02.21).

Ia mengatakan maksud dari penyuluhan ini untuk mengedukasi remaja mengenal kondisi tubuhnya.

“Hal ini penting dilakukan untuk membentuk dan mempersiapkan usia para remaja menjadi masyarakat bersumber daya yang sehat dan berkualitas bebas anemia kedepannya,” ujarnya.

“Oleh sebab itu pembinaan terhadap kampung KB harus dilakukan secara berkelanjutan, dengan melibatkan lintas sektor,” lanjutnya.

Disampaikan juga, pembinaan kampung KB Bunga Tanjung ini merupakan hari terakhir yang sudah dimulai dari semenjak 5 hari kebelakang, dengan meliputi pembinaan rutinan yang meliputi pembinaan terhadap Pokja Kampung KB, Pengurus Kampung KB, sosialisasi pencegahan stunting, pembinan terhadap kelompok bina keluarga balita (BKB), pembinaan terhadap kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR), dan terakhir hari ini yaitu pembinaan terhadap kelompok PIK-R Bunga Tanjung, terangnya.

Sementara itu dosen tetap Prodi D3 Kebidanan Stikes Muhamadiyah, Resna Litasari, M.Tr Keb selaku narasumber pada kegiatan tersebut menjelaskan bahwa penyuluhan edukasi memahami gejala anemia terhadap remaja dipandang sangat penting, mengingat banyaknya ketidakpedulian remaja terhadap pola asupan makanan yang sering di konsumsi.

“Ya, penyakit anemia ini kan penyebabnya karena makanan yang kurang sehat, apalagi mengingat dampak bahayanya yang baru akan dirasakan dalam jangka waktu yang panjang, itu akan berbahaya terutama bagi para kaum perempuan yang akan mengganggu terhadap kesehatan janin”. terangnya

Ia juga menambahkan landasan utama penyuluhan ini adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat terutama generasi remaja dalam memperhatikan pola asupan makanan yang bergizi dan pil penambah darah agar terhindar dari anemia, pungkas Resna. (diskominfo.wahyu&cucu)

The post Edukasi Deteksi Dini Kesehatan Remaja, DPPKBP3A Kabupaten Ciamis Gelar Penyuluhan Anemia appeared first on Ciamiskab.

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *