Emil Lantik Pasukan Komando Kebersihan Anak

KAB BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Pasukan Komando Kebersihan Anak. Pasukan ini akan menjaga aliran dan bantaran sungai Citarum tepatnya di Sektor 7 yang terletak di Desa Sangkanhurip Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung.

Emil, sapaan akrab Gubernur, menunjuk Agung yang berusia 12 tahun sebagai Panglima Komando Kebersihan Anak. Pelantikan digelar di sebuah taman yang sedang dibangun TNI tepat di bibir sungai Citarum. Agung pun saat itu juga langsung mengajak beberapa teman seusianya untuk menjadi anggotanya.

“Dengan ini Gubernur Jabar melantik pasukan Komando Kebersihan Anak di daerah ini dengan tanda ucapan Citarum Harum, Jabar Juara,” ucap Emil yang langsung diikuti pasukan dan disaksikan oleh Pangdam III Siliwangi dan Kapolda Jabar, Rabu (26/9/18).

Pesan Emil kepada pasukan yang baru berjumlah 15 orang itu, untuk menjaga sungai Citarum agar tidak dikotori. Hal ini akan mengajarkan anak-anak sebagai pewaris Citarum tentang pentingnya menjaga sungai.

“Tugas panglima sekarang ajak teman-temannya untuk menjaga kebersihan dan jangan buang apapun ke sungai Citarum. Minimal bersih di daerah ini saja,” ujarnya.

Bila ada anak-anak yang membuang sampah sembarangan, Emil meminta Agung untuk langsung mencegahnya.

“Agung harus berani, kalau alasannya tidak ada tempat sampah pegang atau masukin ke saku dulu seperti cara Pak Gubernur, nanti kalau nemu tempat sampah baru buang,” begitu amanat Emil kepada Agung.

Emil mengungkapkan, menjaga dan memebersihkan sungai Citarum tidak akan selamanya dilakukan oleh TNI dan Polri. Suatu saat masyarakat pasti akan meneruskannya. Karena itu, Emil berharap masyarakat di Katapang agar membuat sistem penanganan yang mirip dilakukan TNI dan Polri. Kedisiplinan dan kerja kerasnya pun harus diteladani masyarakat.

“Titip kepada masyarakat disini buat sebuah sistem yang mirip dilakukan TNI-Polri terhadap Citarum. Kedisiplinan dan kerja cepatnya harus jadi teladan dilakukan masyarakat,” pesan Emil.

Sebagai Panglima Komando Kebersihan Anak yang baru saja dilantik, Agung mengaku siap menjalanakan amanat dari Gubernur. Ia juga akan mengajak lebih banyak lagi anggota yang siap berkontribusi menjaga sungai Citarum.

“Siap melaksanakan apa yang diperintahkan Gubernur dan akan mengajak teman-teman yang lain,” kata Agung yang masih siswa kelas 1 SMP.

               

Topic:

Just For You