Gantikan Buku KIR Manual, Ciamis Terapkan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe)

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya didampingi Kadishub, H. Endang Sutrisna, M.Si meninjau langsung pelayanan pengujian kendaraan bermotor pada kegiatan Launching Bukti Lulus Uji Elektronik di UPTD PKB Ciamis.

Kamis 2 Juli 2020, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perhubungan melaksanakan launching Bukti Lulus Uji Elektronik ( BLUe ) yang dihadiri langsung oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor beralamat di Jl. Otto Iskandardinata Lingkar Selatan Benteng Ciamis.

“Suatu Inovasi, suatu terobosan tentunya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Kita Sebagai Aparatur Sipil Negara harus tetap menjaga integritas, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan adanya BLUe ini tidak mempersulit, justru harus mempercepat, mempermudah, bahkan murah,” kata Bupati Ciamis dalam sambutannya.

Peran BLUe dalam masyarakat maupun pengusaha adalah untuk mempermudah layanan uji coba kendaraan bermotor.

Launching ini merupakan tindak lanjut dari Surat Dirjen Perhubungan Darat Nomor AJ.502/16/13/DRJD/2020 tanggal 15 Juni 2020 perihal Kebijakan Pelaksanaan Bukti Lulus Uji Kendaraan Bermotor selama 6 (enam) bulan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Dr. H. Endang Sutrisna, M.Si mengatakan terhitung mulai Juli 2020 Kabupaten Ciamis sudah harus melaksanakan BLUe berdasarkan instruksi dari Kementrian Perhubungan.

“BLUe ini merupakan alih teknologi yang awalnya buku biasa yang ditandatangani secara manual, beralih ke Elektronik berbentuk kartu kecil / Smart Card, kemudian dipasang di kendaraan terkait, sehingga dapat di deteksi melalui Smartphone,” ungkap Kepala Dishub Ciamis.

Menurutnya, petugas Dishub dapat dengan mudah mengetahui pemilik kendaraan bermotor hanya dengan scan barcode pada kartu khusus.

“Mudah-mudahan dengan adanya pola pengecekan terbaru ini dapat memajukan ciamis dalam proses usaha dan mempermudah dalam pengecekan kepemilikan kendaraan bermotor” tambahnya.

Sementara itu, Pada pelaksanaan launching, Bupati Ciamis memberikan BLUe secara simbolis kepada perwakilan pemilik kendaraan yang telah lulus uji dan dilanjutkan dengan
peninjauan tahapan pelayanan pengujian kendaraan bermotor, dimulai dari proses pendaftaran hingga pengujian kendaraan yang dipandu oleh petugas.

Bupati Ciamis berharap, dengan adanya inovasi BLUe ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, pungkasnya. (Diskominfo Ciamis/TFQ)

 

Press Release By Diskominfo

The post Gantikan Buku KIR Manual, Ciamis Terapkan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) appeared first on Ciamiskab.

Topic:

Just For You