Gubernur Sambangi Pengungsi Banjir di Bandung Selatan

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau kondisi banjir di wilayah Kabupaten Bandung dan menyempatkan diri menyapa pengungsi dilokasi pengungsian Gedung Inkanas Baleendah, Rabu (1/4/2020).

“Curug Jompong sudah maksimal dibuka semua. Tinggal dua lagi yang akan kita  kerjakan untuk mengurangi banjir Bandung Selatan,” jelasnya.

Dua hal lainnya menurut gubernur yang sedang dikerjakan adalah melakukan penyodetan Sungai Citanduy dan membuat Danau retensi di Andir. Sodetan Citanduy masih terus dilakukan dan diprediksi akhir tahun akan selesai. Sementara Danau Retensi Andr saat ini sedang dalam tahap pembuatan konstruksi.

“Jika tiga hal ini selesai, akan mengurangi banjir di kawasan ini. Tapi situasi yang ada sekarang (Covid-19) memang menjadikan hambatan,” jelasnya.

Namun demikian, Pemprov Jabar tidak lepas tangan. Melalui berbagai pihak, seperti BPBD, Jabar Bergerak dan Jabar Quick Reson, bantuan dikumpulkan dan disalurkan kepad apengungsi. 

Dilokasi pengungsian pun Gubernur Ridwan Kamil yang didampingi istri Atalya Praratya Kamil, ikut menyosialisasikan hidup sehat dan menjaga jarak. 

“Di lokasi pengungsian semua harus mengenakan masker dan menjaga jarak,” jelasnya. 

Dari pantauan dilapangan, banjir masih menggenang  di lima kecamatan di Kabupaten Bandung. Antara lain Dayeuhkolot, Bojongsoang, Baleendah, Banjaran dan Rancaekek. Sementara akses jalan Dayeuhkolot menuju Baleendah dan Banjaran terputus karena terdapat genangan air cukup dalam, hingga mencapai 50 cm. Jo

               

Topic:

Just For You