H. Engkus Kusnadi, SH ; Meniti Karir Politik di Partai Golkar Dari Bawah

Sosoknya terlihat tenang. Setiap kata yang keluar dari mulutnya terlihat betul-betul hasil berpikir, alias tidak asal bunyi. Namanya sudah asing lagi khususnya bagi masyarakat Padaherang dan sekitarnya. Ia adalah H. Engkus Kusnadi, SH., Caleg nomor urut satu dari Partai Golkar untuk DPRD Tingkat I (Provinsi) Jawa Barat Dapil XI Ciamis, Kuningan, Banjar, Pangandaran.

Mendapat kepercayaan nomor urut satu dari partai sekelas Golkar tentunya tak bisa disebut sekedar berkah, melainkan pasti hasil dari sebuah perjuangan yang panjang. H. Engkus sudah mulai merintis karir politiknya sejak lulus SMA. Di usia yang masih remaja itu, ia sudah dipercaya menjabat Ketua Sekretaris Bersama Golkar Desa Padaherang.

Perlahan tapi pasti, karir H. Engkus terus menanjak. Beberapa posisi strategis di Partai Golkar Ciamis pernah diembankan di pundaknya. Sekarang ia didaulat menjadi Ketua Bagian Koptir DPD Golkar Provinsi JABAR setelah sebelumnya menjadi Ketua DPD Golkar Ciamis. Dan kini, ia juga tercatat sebagai salah seorang anggota legislatif aktif di DPRD Tingkat I dari Partai Golkar.

Kalau dihitung dari sejak ia menjabat Ketua Sekber Golkar di Desa Padaherang (tahun 1970), hingga saat ini berarti H. Engkus telah aktif di Golkar hampir 40an tahun lamanya. Sebuah rentang waktu yang panjang untuk sebuah uji konsistensi dan loyalitas. Setidaknya kita bisa yakin, H. Engkus bukanlah tipe politikus kutu loncat, yang ramai-ramai pindah partai untuk sekedar cari aman bagi diri pribadi.

Tak hanya di lingkungan partai politik, H. Engkus juga tercatat aktif di beberapa organisasi lain. Diantaranya Angkatan Muda Siliwangi (AMS), saat ini sebagai Dewan Penasehat AMS Ciamis. Ia juga pernah menjabat Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Ciamis. Selain itu, hingga saat ini H. Engkus dipercaya sebagai Ketua Ikatan Purnabakti Aparatur Desa dan Kelurahan se-Jawa Barat.
Caleg yang hobi makan ikan rawa dan nasi liwet ini mengaku sejak remaja sudah tertarik pada dunia politik. Apa alasannya? “Masyarakat yang adil dan makmur sebagaimana amanat UUD 1945 sulit diwujudkan jika mengesampingkan pembangunan politik di negara kita,” jawab H. Engkus saat ditemui di rumahnya.

Meski perawakannya tidak tinggi besar, namun nyalinya tidak bisa dibilang kecil. Sejak terjun di dunia politik ia sudah membulatkan hati untuk bekerja demi rakyat. Pantas jika motto hidupnya berbunyi: “Langkahi dulu mayat saya sebelum mengganggu hak dan martabat rakyat!”

BIOGRAFI
H. Engkus Kusnadi, S.H., lahir di Ciamis, 1 Februari 1951 dari pasangan Ewon (alm) dan Kencel (alm). Anak ke-4 dari 4 bersaudara. Nama-nama saudara kandung; Salnah (Alm), Adnah (Alm) & Hj. Nani. Ia menikah dengan Hj. Yayat Suratmi, S.Ip. dan dikaruniai tiga orang anak, yakni; Edi Kusnadi, Hj. Ani Siswani dan Erwin M. Thamrin.

RIWAYAT SEKOLAH:
SR Negeri Padaherang 1963
SMPN Negeri Pangandaran 1967
SMAN Ciamis 1970
FH Unigal 2006

PENGALAMAN KEPARTAIAN:
Ketua Sekber Golkar Desa Padaherang, 1970 – 1977
Komcam Golkar Kec. Padaherang, 1977 – 1982
Ketua Bagian PPOKK DPD Golkar Kab. Ciamis, 1982 – 1993
Sekretaris DPD Golkar Kab. Ciamis, 1999 – 2004
Ketua Bagian Koptir DPD Golkar Prov Jawa Barat

PENGALAMAN KERJA:

Sekdes Padaherang, 1973 – 1978
Kades Padaherang, 1978 – 1982
Anggota DPRD Kab Ciamis, 1982 – 1999
Anggota DPRD Prov Jabar, 2004 –2009
Anggota DPRD Prov Jabar, 2009 –sekarang
Plt Ketua DPD Golkar Kabupaten Pangandaran – sekarang

(Red/Cnc)

Topic:

Just For You