Hitung Cepat Ring Satu, Sajiwa Menang 57,9 % di Pilkada Ciamis

Meskipun Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciamis tidak menyiarkan hasil penghitungan suara sementara, masing-masing tim pendukung para kandidat berinisiatif jemput bola ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pasangan nomor urut satu Calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis Iing Syam Arifein dan Jeje Wiradinata (Sajiwa) untuk sementara unggul melalui hitung cepat versi Ring Satu Sajiwa dalam pemilihan suara yang gelar kemarin, Minggu (22/9/2013)

Perhitungan cepat yang berakhir pukul 20.30 terebut Sajiwa yang diusung PDIP, PPP dan Golkar memperoleh 57,9 % meninggalkan jauh tiga pasangan lainnya. Sedangkan pasangan nomor urut dua yaitu Bagus Arief Wiwaha dan Akasah (Berkah) yang diusung Demokrat berada diurutan dua 19,10 %.

Posisi ketiga ditempati Budi Kurnia dan Mita Permatasari (Bumi) yang diusung PKB, PAN, PBB, Gerindra, Hanura dan PKS 18,57 % . Sedangkan pasangan nomor urut empat dari per­seorangan, Heddy Suhendra dan Yedi Udo Ruchayana (Heded), menempati posisi terakhir 3,74 persen.

“Perhitungan cepat ini menggunakan metode sampling acak di 157 TPS dari 3000 TPS yang ditempatkan di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran. Margin eror hasil quick qount ini 5 persen,” ujar Divisi Data Ring Satu Sajiwa, Fji Indra Kurniawan di Gedung Pramuka Ciamis.

Hasil perhitungan cepat Ring Satu Sajiwa tidak jauh berbeda dengan perhitungan cepat internal pasangan Bumi. Sajiwa meraih 59,64 %. Posisi kedua Berkah 19,16 %. Ketiga Bumi 17,74 persen, dan keempat Heded 3,47 %.

“Sampel diambil secara acak dari 300 TPS. Diperkirakan margin of error pada quick count ini sekitar 5 % pada tingkat kepecayaan 99%. Artinya perolehan suara semua Calon dari hasil Quick Count ini bisa bergeser ke atas atau bergeser ke bawah sebesar 5%,” ujar Sekretaris Partai Bulan Bintang (PBB), Hans Handiyana Ekawarsa, ST.

Hans menambahkan, hasil hitung cepat ini bukan berarti menunjukan kemenangan secara mutlak. Karena keputusan siapa pemenang Pilkada nanti ditentukan oleh perhituangan manual di masing-masing ting­katan penyelenggara.

“Kami tetap akan mengikuti hasil perhitungan resmi dari KPUD Ciamis,” ujarnya.

Menanggapi raihan semen­tara ini, Cabup pasangan Saji­wa, Iing Syam bersyukur dan berterima kasih kepada ma­syarakat Kabupaten Ciamis yang telah memberikan kepercayaan kepada Sajiwa. Sekalipun belum menjadi keputusan akhir namun hasil ini sudah diprediksi sebelum­nya.

“Sebelumnya kita mem­predikisikan 63 persen. Mung­kin karena ada sampling eror turun sedikit,” ujarnya

Cawabup Jeje Wiradinata manambahkan, kemenangan ini merupakan kemenangan masya­rakat Ciamis. Kepada pasangan calon lain Jeje juga mengaku bangga dan sangat menghargai komptetisi selama ini dalam merebut hati masyarakat. “Intinya kemenangan itu indah,” ujar Jeje.

Ketua Tim Pemenangan Sajiwa, H. Taufiq Martin menegaskan, tingginya suara sajiwa di angka 59 % persen versi Quick qount menunjukan soliditas tim Sajiwa, baik dari Partai maupun dari Relawan. “Semuanya bekerja untuk kemenangan Sajiwa,” ujar Martin. (KP/CNc)

Topic:

Just For You