Jabar Raih Record Dunia Untuk Kaulinan Barudak

SUBANG – Record Holder Republic (RHR) menganugerahkan rekor dunia untuk 4 jenis kaulinan barudak atau permainan tradisional terbanyak di acara Riksa Budaya Tematik Pekan Kebudayaan Jawa Barat yang digelar di Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang, Senin (7/10/2019). Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Ibu Atalia Praratya Kamil yang turut hadir di acara tersebut nampak larut dengan seribuan anak sekolah yang memainkan permainan tradisional tersebut. 4 jenis permainan itu adalah kokoleceran, salam sabrang, tarian kaulinan barudak dan permainan sarung.

“Ini menggemberikan dimana anak-anak kembali diingatkan akan permainan tradisional yang jauh lebih menarik dibanding gadget” ujar Ridwn Kamil.

Kang Emil, sapan Ridwan Kamil juga berpesan agar pemerintah setempat berkomitmen terus mengembangkan daerahnya untuk pariwisata yang akan menjadi andalan Jawa Barat.

“Dengan berbagai keunikan dan kekhasan daerah Subang, Pak Bupati diharapkan terus mengembangkan potensi-potensi yang ada untuk pariwista. Insya Alloh pemerintah provinsi akan membantu” terangnya.

Khusus tentang kegiatan Riksa Budaya Tematik, Kang Emil berterimakasih kepada Kang Zaini Alif penggagas komunitas Hong yang menggali dan mengembangkan kembali ratusan jenis permainan tradisional di Jawa Barat.

“Terimakasih Kang Zaini yang telah menghidupkan kembali berbagai jenis permainan tradisional. Ada tiga ratusan permainan tradisional yang berhasil didata dan dihidupkan kembali” pungkasnya. (Pun)

               

Topic:

Just For You