Jelang Idul Adha, Harga Kambing Naik Rp. 500-700 Ribu di Ciamis

Mendekati Hari Raya Idul Adha, harga kambing di beberapa pasar hewan di Ciamis, Jawa Barat, mengalami kenaikan yang cukup signifikan atau naik Rp500 ribu hingga Rp700 ribu per ekor. Kenaikan harga ini akan terus melonjak hingga mendekati hari raya kurban nanti.

Seperti yang terjadi di pasar hewan yang berada di Blok Cibeureum, Desa Cibadak, Ciamis. Di pasar hewan ini, harga kambing ataupun domba mengalami kenaikan Rp500 ribu hingga Rp700 ribu ekor. Namun kenaikan harga ini tergantung pada berat dan besarnya tubuh hewan.

Harga kambing yang pada hari biasa Rp1,5 juta per ekor, kini bisa menembus dengan Rp 2,3 juta per ekor. Sementara kambing yang tadinya seharga Rp1 juta kini naik menjadi Rp1,5 juta rupiah. Meski harganya terus merokat, hewan kurban yang satu ini terus diburu oleh pembeli yang ingin berkurban.

Menurut para pedagang hewan, kenaikan harga kambing atau domba ini memang kerap terjadi, menjelang Idhul Adha. Bahkan kenaikan harga hewan pada tahun ini paling tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mengalami kenaikan sekitar 20%.

Sementara itu sejumlah pembeli juga mengeluhkan dengan belum adanya pemeriksaan secara berkala oleh dinas kesehatan hewan. Pasalnya dengan perubahan iklim ini mereka khawatir hewan miliknya mendadak sakit atau mati mendadak. (Mtr/CNc)

Topic:

Just For You