Jumlah Desa Sadar Hukum Semakin Bertambah

BANDUNG – Jumlah Desa sadar hukum di Jawa Barat terus bertambah. Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Kang Emil) menyebutkan dari 5.312 Desa dan 645 Kelurahan atau 5.957 Desa dan Kelurahan di Jawa Barat, kini sudah mencapai sekitar baru 2.885 Desa dan Kelurahan yang masuk dalam kategori sadar hukum. Hal itu dikatakan Kang Emil dalam penyerahan penghargaan Jaringan Data dan Informasi Hukum (JDIH) Desa Sadar Hukum Kabupaten Kota Jawa Barat 2020, di Gedung Sate, Selasa (1/12/2020).

“Atas capaian tersebut, pada tanggal 27 November kemarin Jawa Barat mendapat penghargaan sebagai Provinsi terbaik ke-satu desa sadar hukum di Indonesia dari Kementerian Hukum dan HAM” ungkapnya

Namun menurut Kang Emil, hal itu perlu ditingkatkan lagi dengan upaya-upaya yang dilakukan bersama antara Pemprov Jabar, Kabupaten Kota dan Kementerian Hukum dan Ham.

“Saya meminta kepada Biro Hukum, untuk terus berupaya meningkatkan atau menambah jumlah desa dan kelurahan sadar hukum. Karena kan tinggal copy paste dari wilayah yang sudah meraih sadar hukum” pinta Kang Emil.

Permintaan yang sama juga disampaikan Kang Emil kepada Bupati Wali Kota agar meningkatkan kesadaran hukum masyaraktnya. Dalam kesempatan itu Kang Emil juga menyampaikan 5 budaya baru yang akan lahir dampak dari pandemi covid 19.

“Yang pertama adalah orang dipaksa paham digital, kedua tingkat atensi terhadap kesehatan makin tinggi, kemudian budaya pemahaman akan bekerja, rekreasi dan tinggal di satu lokasi, lalu budaya aktivitas tanpa menyentuh benda dan budaya ekonomi baru yang kuat terhadap disrupsi” jelasnya.

Oleh karena itu Kang Emil meminta daerah untuk menyiapkan masyarakatnya menghadapi budaya baru itu. Di atara Desa dan Kelurahan yang mendapat penghargaan JDIH Kabupaten Kota Desa Sadar Hukum Jawa Barat tahun 2020 adalah Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari Kota Bandung, dan Desa Panyocokan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Masing-masing mendapat dana pembinaan sebear Rp 10 juta. Sementara itu, Kota Bogor, Kota Bekasi dan Kota Cirebon, mendapatkan penghargaan terbaik 1, 2 dan 3 JDIH Kabupaten Kota Sadar Hukum 2020. (Pun)

               

Topic:

Just For You