Kecamatan Ciamis Jadi Salah Satu Wilayah Endemik DBD

Kecamatan Ciamis menjadi salah satu wilayah endemik demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Ciamis. Hal itu dipicu di Kecamatan Ciamis merupakan wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak di Kabupaten Ciamis. Seiring dengan cuaca yang tidak menentu saat ini, warga pun diimbau siaga terjadinya kasus DBD.

Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Dendy Rahayu didampingi Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Dinkes Kabupaten Ciamis Yoyo, sejak Januari 2014 hingga awal Juni 2014, tercatat 152 pasien DBD di Kabupaten Ciamis.

Dari jumlah tersebut, Yoyo mengklaim jumlah pasien yang meninggal akibat DBD satu orang.

“Peta penyebaran DBD di Kecamatan Ciamis ini hampir menyebar. Mungkin hal itu dipicu karena di Kecamatan Ciamis tingkat kepadatan penduduknya sangat tinggin sehingga hal itu pun berpengaruh pada sanitasi lingkungan,” ungkap Yoyo, Sabtu (14/6/2014).

Meski demikian, lanjut Yoyo, selain banyak terjadi di Kecamatan Ciamis, DBD pun banyak terjadi di wilayah lainnya di Kabupaten Ciamis. Dia mencontohkan, kasus DBD pun sempat menelan korban seorang di Kecamatan Banjarsari pada Maret 2014 lalu.

Dalam kesempatan itu, dijelaskan Yoyo, untuk menekan angka terjangkitnya DBD, pihaknya mengaku secara intens melakukan berbagai upaya. Upaya antisipasi itu di antaranya melakukan fogging (pengasapan), penyuluhan, program pemberantasan sarang nyamuk, dan pemeriksaan jentik nyamuk di tempat-tempat yang diduga kuat menjadi sarang nyamuk secara berkala.

Namun, meski jumlah pasien DBD terus bertambah, Yoyo mengaku jumlah penderita DBD pada interval Mei-Juni 2014 ini tidak sebanyak pada Maret 2014 lalu. Bahkan, saat ini terjadi tren penurunan jumlah penderita DBD.

“Angka penderita secara pastinya saat ini masih diinventarisir. Akan tetapi, dalam kurun waktu Mei hingga Juni ini terjadi tren penurunan jumlah penderita DBD. Kami terus menyosialisasikan program-program yang berkaitan dengan pemberantasan nyamuk demam berdarah beserta penanganannya,” ucap dia. (PR/CNc)

Topic:

Just For You