Kembangkan Pariwisata Berbasis Perikanan, Bupati Ciamis Bersama PPC Tebar 4 Ribu Benih Ikan Koi

CIAMIS, HUMASCIAMIS – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menebar 4 ribu benih ikan koi pada acara Sinergitas Pembudidaya Perikanan Ciamis (PPC) dengan Pemerintah Daerah Ciamis di bekas kolam renang Tirta Winaya, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jumat (13/11/2020).

Kegiatan tersebut diselenggarakan PPC dalam rangka Penebaran Benih Ikan Koi untuk Pengembangan Pariwisata Berbasis Perikanan. Benih ikan tersebut merupakan hibah yang diberikan oleh PPC kepada pemerintah Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyampaikan apresiasi kepada pengurus PPC, meski belum dikukuhkan tapi sudah berkarya.

“Apalagi kalau sudah dikukuhkan, harus bisa lebih berkreasi dan berinovasi untuk pengembangan pembudidayaan perikanan di Ciamis,” katanya.

Ia mengingatkan kepada SKPD teknis yang menangani pemeliharaan dan pengelolaan tempat wisata agar benih ikan koi yang ditebar dirawat dan dipelihara.

“Jangan sampai penebaran ini hanya sekedar seremonial saja, namun harus dipelihara berkelanjutan, terutama SKPD teknis yang membawahi tempat wisata ini,” tegasnya.

Menurut Herdiat, pembudidayaan ikan koi termasuk potensi yang bagus, dari segi bisnis menjanjikan dengan harganya yang mahal dan peminatnya juga banyak.

Melalui penebaran ikan koi ini, diharapkan mampu memotivasi masyarakat dalam usaha pembudidayaan ikan.

“Ikan koi ini harus dirawat dan diberi makan. Jangan sampai, penebaran ini cukup sampai saat ini saja. Tapi juga harus diurus biar cepat besar,” pungkasnya

Bupati Ciamis ini pun merencanakan untuk membangun wisata Tirta Winaya untuk menjadi tempat wisata yang terintegrasi.

“Sengaja saya panggil Kepala Bappeda untuk menyampaikan rencana dibuatnya tempat wisata ini yang terintegrasi dengan wisata prestasi, wisata rekreasi termasuk juga wisata edukasi,” terangnya.

“Diharapkan wisata terintegrasi tersebut bisa diselesaikan di masa jabatan saya nantinya,” tambah Herdiat.

Sementara itu, ketua PPC, Hendar Suhendar menuturkan, kegiatan penebaran ikan koi ini diharapkan bisa memberikan andil di bidang pariwisata di Ciamis.

“Saya mengharapkan ikan koi bisa menjadi prioritas dalam pembudidayaan ikan di Kabupaten Ciamis kedepannya,” harapnya.

Ia juga menerangkan, PPC merupakan wadah silaturahmi antara pembudidaya perikanan di Kabupaten Ciamis.

“Kita memiliki slogan, “sinergitas tanpa batas” dengan terus terjalinnya silaturahmi antar pembudidaya ikan di Ciamis dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan,” ujar Hendar.

HUMAS CIAMIS

Topic:

Just For You