Kupas Tuntas Layanan Rehabilitasi Narkoba Di Era New Normal, BNNK Ciamis Gelar Webinar

Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, sebagai Keynote Speach dalam Webinar memperingati Hari Aksara Internasional Tahun 2020.

Ciamis,- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Web Seminar (Webinar) dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020.

Webinar yang bertajuk “Kupas Tuntas Layanan Rehabilitasi Narkoba Di Era New Normal”, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ciamis, bertempat di ruang kerja Kepala BNNK Ciamis, Rabu (24/6/2020).

Webinar dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu pertama, dr. Carlamia L. Sp.KL(K)., S.H., selaku Kepala Instalasi Rehabilitasi RSKO Jakarta, menyampaikan materi tentang Layanan Rehabilitasi Napza Berbasis RS dalam masa Pandemi Covid-19 (Menuju Era New Normal). Kedua, Dra. H. Dewi Khoer Mulyana, M.Si., selaku Ketua Yayasan Inabah 2 Putri, menyampaikan materi tentang Layanan Rehabilitasi Sosial (KPN) di Era New Normal INABAH II Putri. Ketiga, dr. Elvina Katerin S., SpKJ., selaku Kepala Bidang Rehabilitasi Medis Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido Bogor menyampaikan materi tentang Pelaksanan pelayanan di Balai Besar Rehabilitasi BNN bagi pecandu dan Penyalahguna Narkoba. Dengan moderator Kepala Rehabilitasi BNNK Ciamis, Rachman Chaerudin, S.Sos.

Sebanyak 85 peserta yang mengikuti webinar berasal dari berbagai instansi dan lapisan masyarakat, bukan hanya dari wilayah Kabupaten Ciamis saja namun dari berbagai daerah bahkan yang terjauh dari Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi pun ikut berpartisipasi dalam webinar ini.

Hadir pula Wakil Bupati Kabupaten Ciamis, Yana D Putra yang sekaligus memberikan sambutan dalam kegiatan webinar ini.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam masa pandemi Covid-19 ini peredaran narkoba masih marak terjadi. Ini menunjukan bahwa peredaran narkoba tidak terdampak oleh Covid-19, kata Wakil Bupati.

Ini sudah harus menjadi pemikiran bersama agar peredaran narkoba ini bisa dihentikan. Kami harap pada lembaga-lembaga rehabilitasi baik itu lembaga pemerintah mupun swasta agar dalam pelaksanaan rehabilitasi narkoba harus tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, ujar Wakil Bupati.

“Selamat Hari Anti Narkotika Internasional”, semoga BNN Kabupaten Ciamis tetap senantiasa eksis terutama dalam melakukan sosialisasi, edukasi, seputar bahaya narkoba karena itu yang lebih utama agar dapat memberikan kesadaran kolektif di masyarakat tentang bahaya narkoba, sehingga apabila sudah terbangun hal tersebut dengan sendirinya masyarakt akan menjauhi narkoba,” ujarnya.

“Berharap Kabupaten Ciamis dapat terhindar dari bahaya narkoba,” pungkas Wakil Bupati.

Selanjutnya Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., Kepala BNNK Ciamis sekaligus sebagai Keynote Speach dalam webinar ini menyampaikan tentang “Implementasi Kebijakan Rehabilitasi Penyalahguna/Pecndu Narkoba Menurut UU 35 Tahun 2009”

Engkos menjelaskan bahwa kegiatan webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang rehabilitasi bagi pecandu/penyalahguna narkoba.

Menurut Engkos, Program rehabilitasi merupkan satu program yang sudah diatur dalam UU sehingga program ini harus dilaksanakan sehingga masyarakat yang saat ini masih menyalahgunakan narkoba dapat memetik manfaatnya sehingga layanan rehabilitasi merupakan pilihan yang harus ditempuh disaat orang itu terlanjur menjadi pecandu atau penyalahguna narkoba.

Mudah mudahan sinergitas antara lembaga rehab seperti Klinik Pratama BNNK Ciamis, Puskesmas, RSUD, Lembaga Rehabilitasi RSKO, semakin baik dan solid. Bersama sama merapatkan barisan menolong teman-teman, saudara-saudara kita yang saat ini menjadi penyalahguna narkoba, kata Engkos.

Mudah mudahan kita juga bisa melihat dari sisi yang lebih komprehensif bahwa bagi penyalahguna yang sedang dalam menjalani proses hukum, namun hak-hak dari pecandu untuk direhabilitasi juga terpenuhi karena sudah diatur dalam UU, ucap Engkos

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada perwakilan dari penegak hukum yaitu dari polres, kejaksaan, kesbangpol yang sudah berpartisipasi ikut hadir dalam webinar ini, kata Engkos.

Kedepannya kami akan mengadakan rapat pembentukan konsolidasi untuk tim TAT (Tim Assesmen Terpadu) di Kabupaten Ciamis, diharap dari pendekatan ini dapat memberikan manfaat dan hal positif kepada masyarakat juga penanggulangan narkotika dapat berjalan dengan baik, sehingga angka frekuensi narkotika di daerah maupun nasional akan berkurang, pungkas Engkos.

 

Press Release By BNNK Ciamis

The post Kupas Tuntas Layanan Rehabilitasi Narkoba Di Era New Normal, BNNK Ciamis Gelar Webinar appeared first on Ciamiskab.

Topic:

Just For You