Moka Harus Berkontribusi Aktif dalam Mempromosikan Pariwisata Kabupaten Ciamis

HumasCiamis – Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Yayasan Mojang Jajaka Ciamis kembali menggelar Pasanggiri Mojang – Jajaka (MoKa) pada tahun ini. Malam grand final berlangsung di Gedung islamic Center, Ciamis, Jum’at (14/02/2020), malam.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyampaikan dalam sambutannya, Pasanggiri Moka merupakan salah satu seleksi generasi muda yang memiliki kecerdasan, kreasi dan inovasi dan berakhlakul karimah. “Kegiatan ini Bukan seleksi pemuda/i yang pandai berdandan namun memiliki kompetensi terbaik dibidangnya masing-masing,” kata Yana.

Penampilan FInalis Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten CIamis pada malam Grand Final di Gedung islamic Center Ciamis, Jum’at (14/02/2020). Foto: Dok. Kominfo Ciamis

Ciamis memiliki potensi seni dan wisata yang harus dikembangkan, sebagai upaya promosi Moka harus berkontribusi secara aktif dalam mengenalkan potensi seni dan wisata Ciamis agar dikenal ke luar daerah nasional bahkan internasional. “Pasanggiri moka yang dilaksanakan di Ciamis harus mampu menjadi media promosi pariwisata di Kabupaten Ciamis,” tutur Yana.

Sementara itu, mewakili Yayasan Moka Ciamis, Ahmad Muharram menjelaskan, Tema yang diangkat pada pemilihan Mojang – Jajak (Moka) 2020 yaitu “From to be Galuh, Bangga menjadi Nonoman Galuh yang bersaing tinggi”.

Pasanggiri Mojang jajaka diawali dengan audisi yang dilaksanakan bulan Januari dan Februari (gelombang tahap 1 dan 2) dengan jumlah peserta sebanyak 219 orang, dari hasil penyeleksian terpilihlah 15 Pasang peserta. “Pelaksanaan karantina dilakukan selama 3 hari di BKD Ciamis, dengan pemberian materi terkait kemampuan etika dan informasi terkait tatar galuh yang kami cintai,” kata Ahmad.

Ahmad Muharram menambahkan, Pasanggiri yang dilaksanakan kali ini sebagai upaya mencari satu pasang Mojang Jajaka yang akan mewakili Kabupaten Ciamis untuk bertanding di skala provinsi dan nasional. “Para finalis tentunya menjadi icon generasi muda Ciamis yang nantinya memilki tugas diberbagai bidang strategis, khusunya dibidang pariwisata Ciamis yang perlu dikembangkan oleh generasi milenial yang lebih kreatif,” tutur Ahmad.

*Humas.ciamiskab.go.id

Topic:

Just For You