Ny. Hj. Kania Herdiat Ajak Kader PKK jadi Pelopor Bank Sampah

Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Hj. Kania Herdiat, mengajak para Kader PKK se Kabupaten Ciamis untuk menjadi Pelopor Bank Sampah pada kegiatan pertemuan Rutin yang dilaksanakan secara Virtual dari Ruang Vidcon Setda Kabupaten Ciamis.

Ciamis- Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis gencar sosialisasikan serta mengajak seluruh anggota PKK se-Kabupaten Ciamis untuk menjadi pelopor Bank Sampah.
Hal tersebut disampaikan Ny. Hj. Kania Herdiat, Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis pada acara rapat rutin TP PKK bersama TP PKK se-Kabupaten Cimis yang berlangsung via media virtual, dari Ruang Vidcon Setda Kabupaten Ciamis. Kamis, 23 juli 2020.
Dikatakan Ny. Hj. Kania Herdiat, sampah dapat memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia, baik terhadap kesehatan, lingkungan, maupun terhadap sosial ekonomi. Seperti timbulnya penyakit bagi manusia, terjadinya banjir dan longsor, serta meningkatnya biaya pengelolaan sampah dan menurunkan potensi pariwisata.

Kaitan hal tersebut Ny. Hj. Kania Herdiat menghimbau supaya masyarakat bijak dalam membeli barang dengan memperhatikan bahaya dari sampah termasuk sampah non organik, tegasnya.

Maka dari itu pentingnya masyarakat mengetahui bahaya hal tersebut dan menerapkan cara pengelolaan sampah dengan baik yaitu dengan Reduce, Reuse, Repair, Recycle, Recovery, Disposal.

“Karena tidak sedikit juga sampah yang bisa digunakan masyarakat sebagai alat kreatifitas yang memiliki nilai jual atau dikumpulkan yang kemudian disedekahkan bahkan ditabung di Bank Sampah,” papar Hj. Kania Herdiat.

Program sedekah sampah merupakan bagian dari program Bank Sampah dari Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten (DPRKPLH) yang memiliki tujuan agar adanya kesadaran bahwa pengelolaan sampah dapat dilakukan secara sederhana dan berpotensi secara ekonomi serta edukasi, dan membantu usaha pelestarian lingkungan untuk alam yang lebih lestari, yang selanjutnya dapat membantu mengurangi sampah di tempat pembuangan akhir (TPA), urainya.

“Bila kita sudah dapat mengelola sampah di skala rumah tangga maka jumlah sampah yang dibuang ke TPS akan berkurang banyak sehingga tidak cepat penuh selanjutnya memupuk rasa peduli terhadap sesama manusia yaitu dengan bersedekah sampah, tambahnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis mengharapkan para Kader PKK setiap Kecamatan untuk membentuk Bank-Bank sampah di lingkungannya dan mensosialiasasikan tujuan baik dari adanya bank sampah tersebut, termasuk dengan adanya program sedekah sampah ini, sampah di manfaatkan sebagai ladang amal, dijadikan ladang bisnis yang menarik secara ekonomi atau menjadi tabungan bagi warga, minimal di setiap RW dilingkungannya masing-masing adanya Bank Sampah, jelasnya.

“Bahwa bersedekah tidak harus berupa uang atau barang tapi bisa melalui sedekah sampah selanjutnya membangun jaringan komunitas misalnya melalui bank sampah dapat saling berbagi sehingga program sedekah sampah ini dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

Press Release By Diskominfo

The post Ny. Hj. Kania Herdiat Ajak Kader PKK jadi Pelopor Bank Sampah appeared first on Ciamiskab.

Topic:

Just For You