Pantai Batu Hiu, ‘Tanah Lot’ Ala Jawa Barat

 Keindahan Tanah Lot di Bali memang sukses membuat banyak traveler terpukau. Tapi ternyata untuk melihat kecantikan seperti itu tak perlu jauh-jauh ke Bali, Pangandaran di Jawa Barat juga punya, Pantai Batu Hiu namanya.

Pemandangan Pantai Batu Hiu membuat saya jatuh cinta dengan lautnya yang indah. Membuat mata ini tidak berhenti untuk menatapnya. Cocok untuk suasana hati yang sedang penat dan ingin mencari tempat sepi untuk bersantai.

Pemandangan indah sudah terlihat setelah saya memasuki kawasan Pantai Batu Hiu di Ciamis, Jawa Barat. Debur ombak terdengar begitu menggelora di hati sejak tiba di parkiran motor pantai.

Betapa tidak, pantai dengan pasir hitam ini membuat saya tidak sabar lagi untuk mengambil gambar sebagus mungkin. Tentu dengan latar panorama ombak dan karang yang ada di tengah-tengah laut.

Pantai Batu Hiu terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Ciamis, Jawa Barat. Jarak menuju pantai ini sekitar 14 km dari Pantai Pangandaran.

Pantai Batu Hiu memang belum terkenal seperti Pantai Pangandaran. Namun pantai ini mampu menghipnotis para pengunjung untuk menikmati susasanya. Pantai ini cocok untuk traveler yang ingin mengasingkan diri dari penatnya kehidupan kota, menghilangkan stres atau sekadar ingin berlibur bersama keluarga.

Untuk menikmati indahnya lautan biru dan karang-karang besar, Anda bisa menaiki bukit yang ada di pantai ini. Dari atas bukit ini lah wisatawan bisa menikmati semilir angin lembut dan menikmati indahnya Pantai Batu Hiu. Dengan keindahannya tersebut, maka tak jarang orang-orang menyebut Pantai ini sebagai ‘Tanah Lot’-nya Jawa Barat.

Akses untuk menuju bukit ini cukup unik, wisatawan harus melewati terowongan berbentuk mulut hiu yang terbuka lebar. Dari situ Anda akan menaiki beberapa tangga, dan kemudian nampaklah pemandangan yang menyegarkan mata.

Akses menuju pantai ini tidaklah sulit, karena banyak petunjuk jalan yang mengarah kesini. Inilah perjalanan singkat yang cukup menyenangkan dengan tempat baru yang indah.

Dwi Permata Sari – d’Traveler

Topic:

Just For You