Peringati Hari PMI, RSOP Ciamis Gelar Donor Darah

Para pendonor sedang mengikuti kegiatan donor darah dalam rangkaian Peringatan HUT PMI ke-75 di RSOP Ciamis.

Ciamis,- Dalam rangka memperingari hari PMI ke 75, RSOP Ciamis berkerjasama dengan PMI Ciamis kembali mengadakan donor darah di RSOP Ciamis, Kamis (17/09/20).

dr. Nurmansyah Hata Dwi Putra, Direktur RS Khusus Bedah RSOP Ciamis sekaligus ketua pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh RSOP Ciamis dan berkerjasama dengan PMI Ciamis dengan tujuan agar dapat memberikan tambahan ketersedian stok darah di PMI Kabupaten Ciamis, terlebih pada saat pandemi Covid-19 ini dilapangan banyak sekali yang membutuhkan darah, tuturnya.

Ditambahkan dr. Nurmansyah, giat donor darah ini juga merupakan program rutin tahunan yang diadakan oleh RSOP Ciamis.

“Kegiatan donor darah ini, hanya dilakukan satu hari ini saja yang di mulai dari pagi hingga sore dengan target minimal 100 labu darah ” imbuhnya.

Para pendonor yang datang berasal dari ASN Pemkab Ciamis, unsur TNI dan Polri, Kader PKK, karyawan RSOP Ciamis serta masyarakat sekitar RSOP.

Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Ny. Hj. Kania Ernawati Herdiat, beserta rombongan meninjau langsung kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, direktur RS Khusus Bedah RSOP Ciamis menjelaskan, selain kegiatan donor darah, juga sekaligus memperkenalkan fasilitas baru yang dimiliki RSOP yakni fasilitas alat kesehatan baru berupa alat CT Scan, yang mana alat ini berfungsi untuk membantu mendiagnosa penyakit dalam dari mulai kepala sampai dengan kaki.

“Alat ini pada dasarnya sama seperti sinar X-Ray,” urai Direktur RSOP.

Ditambahkan dr. Nurmasnyah, alat CT Scan ini sudah dilaunching kurang lebih 2 (dua) minggu lalu, dan alat ini sampai saat ini untuk Kabupaten Ciamis cuman baru ada di RSOP Ciamis, tambahnya.

Dijelaskan lebih lanjut, kegunaan CT Scan sendiri diantara untuk menangani pasien seperti halnya pasien stroke, dengan alat ini maka akan terdeteksi apakah penyebabnya hanya sumbatan di saraf saja atau ada pembuluh darah yang pecah, jelasnya.

Harapannya dengan adanya alat CT Scan di RSOP Ciamis ini tentu dapat menjadi salah satu sarana pelayanan kesehatan untuk pasien tertentu sehingga tidak perlu ke rumah sakit yang jauh-jauh lagi, tandasnya.

Adapun jumlah darah yang terkumpul pada kegiatan tersebut sebanyak 108 labu, dengan rincian golongan darah A(30), B (32), AB (6) dan O sebanyak 40 labu. (diskominfo. cucu)

The post Peringati Hari PMI, RSOP Ciamis Gelar Donor Darah appeared first on Ciamiskab.

Topic:

Just For You