Sekda Jabar: Digitalisasi adalah Tulang Punggung Pembangunan Jabar

KOTA BANDUNG — Sekretaris Daerah Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar) Setiawan Wangsaatmaja memaparkan, saat ini Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sedang memasuki birokrasi 3.0. Hal tersebut diutarakannya dalam sambutan Forum Perangkat Daerah Bidang Kominfo, Statistik dan Persandian (23/3/21).

“Kita sedang memasuki birokrasi 3.0. Selain menjadi regulator dan fasilitator, kita semua juga masuk ke dalam akselerator pembangunan, (dalam konteks ini) digitalisasi adalah tulang punggung untuk pembangunan di Jawa Barat,” ungkap Sekda Jabar. 

Setiawan menilai kecanggihan IT dan digitalisasi sangat dibutuhkan untuk merealisasikan visi Jawa Barat yaitu juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi. 

Transformasi digital dianggap sebagai elemen penting yang menghubungkan elemen inovasi dan kolaborasi. Ia berpendapat pembangunan infrastruktur digital sama pentingnya dengan infrastruktur yang bersifat material seperti pembangunan jalan.

“Infrastruktur yang harus diperkuat adalah infrastruktur digital. Kedepan pembangunan infrastruktur digital  sama (penting keberadaannya) dengan membangun jalan,” ujar Setiawan.

Sekda Jabar optimis jika digitalisasi mampu mendobrak ketertinggalan peringkat Indonesia dalam indikator Internasional Government Effectiveness. 

“ Indikator Internasional Government Effectiveness mencerminkan kualitas pelayanan publik, kualitas aparat khususnya aparat pemerintah, yang berperan pada kualitas perumusan dan pelaksanan kebijakan. Nah kalau melihat dari indeksi ini, Malaysia dan Thailand di atas kita. Padahal dulu Malaysia dan Thailand pernah di bawah kita. Semenjak 2010-2019 Indonesia berada dibawah bayang-bayang Malaysia dan Thailand. Dengan teknologi komunikasi dan digitalisasi,  kita dobrak  kembali kualitas pemerintahan kita (agar) meningkat,” tegas Setiawan. 

Di akhir sambutannya, Setiawan menyatakan inovasi dan digitalisasi sangat membutuhkan kolaborasi pentaheliks di dalamnya, dimana peran akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media harus bersatu padu untuk bersama-sama mewujudkan Jabar Juara. (Fauziah/Luthfi)

               

Topic:

Just For You