Ad image

Sungai Ciseel Cidolog Meluap, Bupati Ciamis Tinjau Lokasi Banjir

ciamisnews
ciamisnews
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya meninjau langsung penyaluran air bersih ke masyarakat Desa Ciparay Kecamatan Cidolog yang terdampak bencana Banjir, Kamis, 15/04/2021.

Ciamis,- Banjir yang melanda Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang terjadi Rabu malam mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Sekretaris Daerah, H. Tatang beserta dinas terkait meninjau langsung lokasi banjir di Kecamatan Cidolog Pada Kamis, 15/04/2021.

Camat Cidolog, Otong Bustami mengatakan banjir di Cidolog merupakan banjir musiman tahunan akibat hujan dengan intensitas tinggi.

“Belakangan ini curah hujan memang tinggi, kemungkinan akibat adanya pendangkalan sungai Ciseel sehingga saat volume air besar langsung meluap ke permukiman warga. Beruntung juga banjir cepat surut. Tidak ada korban jiwa dan tidak ada warga yang sampai mengungsi,” katanya

“Akibat banjir tersebut, sebanyak 41 rumah terendam banjir, 64 hektar lahan persawahan terendam, diantaranya 63 hektar sawah baru selesai tanam dan 1 hektar sawah siap panen.” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ciamis menurunkan mobil pemadam kebakaran sekaligus turun langsung memberikan bantuan sembako.

“Kondisinya warga butuh air bersih sudah kita distribusikan, kami juga bantu Sembako kepada masyarakat terdampak ini, semoga secepatnya pulih kembali.” ujar Bupati Herdiat.

Bupati menghimbau untuk selalu waspada dan siaga dalam menghadapi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu sekaligus mengapresiasi kesigapan relawan dan satgas dalam penanggulangan bencana ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Satgas Penanggulangan Bencana mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan tingkat desa beserta para relawan yang telah bersama-sama berempati terhadap warga masyarakat yang tertimpa bencana.” Jelasnya“Saya juga mengajak untuk selalu memelihara alam dan selalu bijak dalam mengelola alam dengan tidak melakukan penggundulan lahan dan lahan yang kita miliki tetap berfungsi sebagai daerah resapan air agar bencana serupa tidak terulang kembali.” Tambahnya

Diskominfo Ciamis

Jurnalis Wahyu

The post Sungai Ciseel Cidolog Meluap, Bupati Ciamis Tinjau Lokasi Banjir appeared first on Ciamiskab.

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *