Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik Berbasis Tekhnologi, Pemkab Ciamis Gelar Bimtek STEAM

Asisten Daerah 1, Drs. Ika Darmaiswara membuka langsung Bimbingan Teknis Berbasis STEAM bagi para tenaga pendidik secara virtual dari ULP Room, Rabu, 03/03/2021.

Ciamis,- Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pendidikan melakukan upaya peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Berbasis Teknologi dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Math).

Asisten Daerah 1, Drs. Ika Darmaiswara membuka langsung kegiatan tersebut secara virtual dari ULP Room Setda Kabupaten Ciamis, Rabu, 3/3/2021.

Dalam sambutannya, Asda 1 mengatakan guru harus memiliki 4 kompetensi yang wajib dimiliki, ujarnya.

“Ada 4 kompetensi yang wajib dimiliki seorang guru yaitu kompetensi sosial, kepribadian, pedagogik dan profesional” terangnya.

“Salah satu visi misi pemerintah Kabupaten Ciamis yakni peningkatan kualitas SDM di berbagai sektor, termasuk penguatan 4 kompetensi guru di atas,” tambahnya.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdik Ciamis, Tamsis Bastaman di dampingi perwakilan dari PT. inspira Kreatif Infinia sedang mengikuti kegiatan Bimtek Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik berbasis tekhnologi berbasis STEAM

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Drs. Tamsis Bastaman E, MM., mengatakan tujuan utama dilaksanakannya kegiatan peningkatan kompetensi tenaga pendidik berbasis STEAM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi bagi guru dalam rangka perbaikan dan peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran berbasis penguasaan teknologi dengan melakukan refleksi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, jelasnya.

“Sedangkan keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kompetensi guru dalam rangka meningkatkan kemampuan professional dan pedagogik guru dalam rangka melakukan perbaikan pembelajaran dan peningkatan layanan dalam menangani proses pembelajaran terhadap peserta didiknya berbasis teknologi,” tambahnya.

Dijelaskan Kabid Pembinaan Ketenagaan, melalui kelebihan dan karakteristik yang dimiliki pendekatan STEAM yang akan disuguhkan narasumber-narasumber yang kompeten oleh PT. Inspira Kreatif Infinia, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru, ujarnya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan guru dapat mengajak siswa untuk berpikir secara komprehensif dengan pola pemecahan masalah yang berdasarkan 5 aspek dalam STEAM yang bertujuan untuk mengajarkan siswa berpikir kritis dan memiliki teknik atau desain untuk memecahkan masalah,” jelasnya.

Para tenaga pendidik jenjang TK, SD dan SMP sedang mengikuti bimbingan teknis berbasis tekhnologi STEAM.

Peserta kegiatan ini merupakan Guru PNS maupun Non PNS yang memiliki basic IT untuk jenjang TK, SD dan SMP yang ada di 27 kecamatan dan 8 Komisariat di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis dengan jumlah peserta sebanyak 300 orang, yang merupakan perwakilan dari masing-masing tingkat, urainya.

“Bimtek ini sendiri akan di gelar selama 3 hari dari tanggal 3-5 maret 2021 di SMPN 2 Ciamis, SMPN 6 Ciamis dan SDN 5 Linggasari,” pungkasnya.

The post Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik Berbasis Tekhnologi, Pemkab Ciamis Gelar Bimtek STEAM appeared first on Ciamiskab.

Topic:

Just For You