Ad image

TP-PKK Kabupaten Ciamis Gelar Lomba Pemanfaatan Sampah

ciamisnews
ciamisnews
Ketua TP. PKK Kabupaten Ciamis memberikan sambutan pada kegiatan Lomba Kader Tingkat Kabupaten Ciamis di Gedung PKK, Senin, 22 Maret 2021.

Ciamis,- Sebagai bentuk kepedulian Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis dalam menjaga kebersihan lingkungan di Tatar Galuh serta meningkatkan kualitas kader, TP PKK Kabupaten Ciamis menggelar lomba Memilah Sampah Sejak dari Rumah.

Lomba yang diselenggarakan oleh Pokja III ini diikuti oleh kader dari perwakilan 6 kecamatan yakni Kecamatan Banjarsari, Baregbeg, Cihaurbeuti, Panumbangan, Tambaksari dan Ciamis yang digelar di Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Senin, (22.03.21).

Mengawali acara, Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta lomba yang telah berpartisipasi aktif dalam lomba ini, ungkapnya.

“Saya berharap hendaknya para peserta tidak memaknai lomba ini untuk meraih gelar semata, akan tetapi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kader sehingga mampu menjadi teladan dan menularkan keteladanannya kepada yang lain,” ujarnya.

Dewan Juri Lomba Pemanfaat Sampah sedang memberikan penilaian pada peserta lomba.

Dikatakan Hj. Kania Ernawati Herdiat, bahwa, sampah memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Penanganan sampah juga tidak bisa mengandalkan atau ditangani oleh beberapa pihak saja, katanya.

“Untuk itu peran serta semua unsur masyarakat diperlukan agar sampah yang ada dapat dikelola dengan baik, termasuk di dalamnya peran kader PKK dalam mensosialisasikan mengenai pengelolaan sampah secara baik dan benar,” tegasnya.

Menurutnya, dengan adanya sistem pengelolaan sampah dengan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle), masyarakat sebenarnya dapat memanfaatkan sampah semaksimal mungkin dengan dampak negatif seminimal mungkin, dimana salah satu syaratnya adalah dengan memilah jenis sampah sejak dari rumah, terangnya.

Ia berharap, dari lomba tersebut, kemampuan dan pengetahuan para kader akan semakin bertambah untuk ditularkan di masyarakat.

“Selain dari pada sampah itu dapat mendatangkan bahaya, sampah juga dapat menjadi suatu barang yang memiliki nilai jual apabila kita mengetahui cara memanfaatkannya ,” terangnya.

Diskominfo Ciamis
Jurnalis : Wahyu dan Cucu

The post TP-PKK Kabupaten Ciamis Gelar Lomba Pemanfaatan Sampah appeared first on Ciamiskab.

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *