Wabup Yana Hadiri Pencanangan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Kabupaten Ciamis

CIAMIS, HUMASCIAMIS – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Tingkat Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan secara virtual melalui Video Conference dari Ruang Vidcon Kantor Bupati Ciamis, Jum’at (25/09/2020).

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyampaikan apresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh PKK Kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan bisa lebih dirasakan manfaatnya kepada masyarakat sehingga dengan gerakan ini tercipta keluarga yang sehat dan sejahtera,” katanya.

Menurutnya, PKK kabupaten CIamis telah memberi kontribusi besar di tengah-tengah pandemi COVID-19. Dibawah komando TP PKK Kabupaten Ciamis, PKK telah ikut berperan serta aktif dalam rangka memutus mata rantai COVID-19.

“Hari ini kita belum aman terhadap COVID-19, kondisi lebih berbahaya dibanding sebelumnya. Pemerintah telah mencanangkan Adaptasi Kebiasaan Baru, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” terang Yana.

Ia mengajak kepada seluruh kader PKK se-Kabupaten Ciamis agar berperan serta aktif untuk mensosialisasikan 3 M ( menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir dan memakai masker).

“Kita berharap pelayanan bisa dilakukan, baik di perumahan maupun permukiman. Sehingga keluarga sehat dan sejahtera bisa betul-betul terlahir di Kabupaten Ciamis,” ujar Yana.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Kania Ernawati Herdiat mengatakan, di masa pandemi COVID-19 berbagai permasalahan bermunculan, seperti masalah pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, meningkatnya angka kekerasan dalam rumah tangga, meningkatnya angka kehamilan, kasus stunting yang cukup tinggi serta pelayanan posyandu yang tidak berjalan sebagaimana biasanya.

“Kita memerlukan adanya kesatuan gerak dari berbagai stakeholder yang ada, sehingga akan terwujud kesamaan persepsi dan langkah dalam menghadapi berbagai persoalan di masyarakat terkhusus di lingkungan keluarga,” ucapnya.

Sebagai mitra kerja dari berbagai dinas yang ada, gerakan PKK turut menjadi bagian dari suatu langkah bersama guna mewujudkan keluarga berkualitas. Hal tersebut merupakan peran strategis PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Dengan perencanaan sehat melalui Bangga Kencana dan penerapan hidup sehat melalui lingkungan bersih dan sehat serta PHBS dan Posyandu kita akan upayakan secara optimal untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” terang Kania.

Kania menjelaskan, Kegiatan Kesrak tahun ini mengangkat tema “Melalui Kesatuan Gerak PKK – Bangga Kencana – Kesehatan dan Posyandu, kita tingkatkan kepedulian bersama untuk hidup sehat dan sejahtera dalam adaptasi kebiasaan baru menuju Indonesia maju”.

“Kita mengangkat tema tersebut karena sesuai dengan situasi saat ini. Pandemi telah membentuk suatu perubahan dalam kehidupan manusia yaitu adanya gaya hidup yang penuh empati, welas asih dan penuh solidaritas sosial,” jelasnya.

Menurutnya, Jejaring yang ada dalam struktur gerakan PKK yang mengakar hingga ke kelompok Dasawisma pun mempermudah dalam mengakselerasi program-program yang ada.

“Kami mengajak kepada seluruh pihak terkait, untuk saling bekerjasama secara terencana, terpadu dan terarah sehingga tercipta kesatuan gerak yang harmonis guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera,” tutup Ketua TP PKK Ciamis.

HUMAS CIAMIS
Kepala Bagian Humas
Setda Kabupaten Ciamis
Ani Supiani, ST., M.Si

Topic:

Just For You