YKI Cabang Ciamis Berikan Sejumlah Bantuan Penderita Kanker

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat memberikan santunan kepada penderita kanker di Aula PKK Kabupaten Ciamis, Selasa, 29/12/2020.

Ciamis,- Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat memberikan sejumlah bantuan uang kepada penderita kanker yang ada di ke-9 Kecamatan bertempat di Aula PKK Kabupaten Ciamis, Selasa, (29/12/2020).

Acara ini merupakan kegiatan rutin YKI Cabang Ciamis dan kini dengan 9 (sembilan) Kecamatan, yakni Kecamatan Cipaku, Kawali, Cijeungjing, Panjalu, Cikoneng, Panumbangan, Rancah, Cidolog dan Sukadana.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur RSUD Ciamis, Pengurus YKI Kabupaten Ciamis, Kadinkes, Camat dari 9 (sembilan) Kecamatan, Ketua TP-PKK Kecamatan dan Desa, Kepala Puskesmas dari 9 Kecamatan, Perangkat Desa, pasien serta keluarga penderita kanker.

Dalam sambutannya, Ketua YKI Cabang Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat menyampaikan permohonan maaf atas pertemuan yang tidak bisa dilakukan seperti kunjungan ke kediaman pasien secara langsung seperti biasanya yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, tuturnya.

” Mohon maaf pak, bu, seperti yang kita ketahui, bahwasannya saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19 sehingga segala bentuk aktifitas kita menjadi berubah, dan saya ucapkan banyak terimakasih atas ketersediannya dalam memenuhi undangan ini.” ungkap Hj. Kania.

Dihadapan para tamu undangan, Hj. Kania juga memberikan motivasi semangat hidup kepada para penderita kanker.

“Kita harus semangat, harus beroptimis dan yakin serta tetap bisa berkarya meski dalam keadaan apapun, dengan itu semua, Insyalloh kita akan sembuh,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga turut memimpin doa bersama untuk kesembuhan para pasien maupun keluarganya serta senantiasa mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan 3M agar menjadi pedoman untuk menjaga kesehatan keluarga.

“Semoga baik para pasien yang sedang menjalani masa perawatan dan keluarga senantiasa selalu diberikan kesembuhan dan kesehatan,” tandasnya.

Lebih lanjut, selaku motivator yang di hadirkan dari Kecamatan Panjalu, Umi Rossy Nurhayati sebagai penderita kanker yang telah membuktikan keajaiban Alloh dengan semangatnya turut memberikan beberapa untaian kata motivasi kepada para tamu yang hadir.

“Saya adalah penderita kanker yang sudah di vonis stadium 4, dan bahkan umur saya sudah di perkirakan para ke-empat dokter kurang lebih 3 bulan lagi, akan tetapi dengan husnudzon kita kepada Alloh SWT dan keyakinan serta semangat juang, maka Alhamdulillah perkiraan itu sudah jauh terlampaui,” tuturnya.

Lalu bagaimana caranya agar kita tetap semangat ? Ia mengatakan, “sebaik- baiknya manusia adalah umat yang berguna bagi sesama,” jelasnya.

“Mari bapak dan ibu, kita semangat, dan yakin, serta isi kegiatan hari-hari kita dengan hal yang positif, kebetulan kalau saya di isi dengan membuka taman bacaan secara gratis bagi anak-anak sekitar rumah,” urainya.

Dengan adanya mereka yang mau membaca dan menyetor hafalan-hafalan Qur’an, saya yakin disitulah datangnya doa-doa dan cinta yang sangat kuat, ungkapnya.

“Hidup bukanlah untuk ditangisi, melainkan untuk di perjuangkan,” tandas Umi Rossy.

Sementara, ditambahkan Ketua YKI Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat mengatakan, bahwa di samping semangat juang dan keyakinan dari pasien kanker itu sendiri, dorongan dukungan semangat dan do’a dari keluarga juga merupakan hal yang sangat berpengaruh, terangnya.

“Semoga, dengan akhir tahun ini, YKI Cabang Ciamis untuk tahun-tahun selanjutnya bisa memberikan bantuan dan motivasi untuk para penyandang kanker,” ungkap Hj. Kania.

Di penghujung acara, Ketua HKI Cabang Ciamis Hj. Kania Ernawati Herdiat menyerahkan sejumlah bantuan uang kepada para pasien penderita pasien atau keluarga yang mewakilinya. ( diskominfo.azizal)

The post YKI Cabang Ciamis Berikan Sejumlah Bantuan Penderita Kanker appeared first on Ciamiskab.

Topic:

Just For You