Permudah Bayar Pajak, P3DW/Samsat Ciamis Gelar Sosialisasi Sardencis “Simpel Dahsyat”

ciamisnews
ciamisnews

CIAMIS – Dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pelayanan kesamsatan dan pajak yang di kelola Provinsi Jawa Barat Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kabupaten Ciamis menggelar Sarsehan Dengan Samsat Ciamis (Sardencis) di Aula Kantor Kecamatan Cijeunjing Ciamis, Kamis (30/5/2024). Setelah sebelumnya Sardencis telah dilaksanakan di Kecamatan Rancah.

Kegiatan tersebut sekaligus mengingatkan kepada masyarakat yang belum melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Dengan peserta dari perwakilan Kepala Desa, Diretur Bumdes dan Bumdesma, Tokoh Masyarakat, Pelaku Usaha dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Diisi Narasumber dari P3DW Bapenda prov jawa barat, Bapenda Kabupaten Ciamis, Jasa Raharja perwakilan Ciamis dan Polres Ciamis.

Pada kesempatan tersebut Kepala P3DW Ciamis Iwa Sudrajat memaparkan potensi pajak kendaran di Kabupaten Ciamis. Untuk potensi pajak kendaran bermotor Roda 4 sebanyak 37.337, kemudian kendaraan Roda 2 sebanyak 249.089 dengan total : 286.426 Kendaraan Bermotor (KBM).

Untuk Kecamatan Cijeunjing sendiri memiliki potensi pajak kendaraan roda 4 sebanyak 2.628. Kemudian Kendaraan Roda 2 sebanyak 16.532 dengan total 19.160 KBM. Sementara untuk potensi KBMDU & KTMDU di sebanyak 1.741 KBM.

“Kita harapkan masyarakat Ciamis dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor sebelum jatuh tempo. Kemudian tertib dalam administrasi berkendaraan demi mendorong peningkatan pendapatan pajak
kendaraan bermotor,” ucapnya.

Inovasi ‘Simpel Dahsyat’ Untuk Memudahkan Masyarakat Membayar Pajak Kendaraan
Iwa menjelaskan, P3DW/Samsat Ciamis telah melakukan sejumlah Inovasi dalm memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Yakni melalui InovasiSistem Pelayanan Untuk Memudahkan Masyarakat (Simple Dahsyat)

– Ada inovasi Cicilan Pajak Kendaraan Bermotor (CIPAMOR) yakni Cara membayar Pajak Kendaraan Bermotor dengan fasilitas keuangan Bumdes dengan cara mencicil.

– Warung Sami-sami Untung (Warung SAMIUN) Maju bersama membangun Negeri. Yakni cara membayar pajak kendaraan bermotor melalui tabungan sisa kembalian belanja di warung-warung Mitra Samsat Ciamis.

– Kagiatan Nabung Sampah Kanggo Bayar Pajak (KABUNGAH BAPAK) uakniara membayar Pajak Kendaraan Bermotor melalui tabungan hasil penjualan sampah.

– Samsat Delivery Ciamis (SAMDECI) Cara membayar Pajak Kendaraan Bermotor melalui layanan jemput antar Samdeci.id pad tauta Google Search sehingga masyarakat tidak usah datang ke kantor Samsat.

– Celengan PKB ataupun BUMBUNG PKB & PBB-P2 yakni gerakan menabung di dalam bumbung/celengan yang dilakukan secara bersama-sama oleh kelompok masyarakat dalam mempersiapkan Pembayaran PKB dan PBB-P2. Kemudian bumbung akan dibuka secara serentak atau pada saat Jatuh Tempo Tanggal Pajak.

– Samsat Bekerja Sama Melayani Masyarakat Bersama Bank BJB (Sambel Cabe). Yakni salah satu Sentra layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor yang ada di depan Kantor Bank bjb Cabang Ciamis.

Iwa menjelaskan, sosialisasi ini merupakan upaya P3DW/Samsat Ciamis untuk mengingatan sekaligus mempermudah masyarakat dalam membayar pajak Kendaraan.

Sumber : Irfansyahrza / FOKUSJabar.id

The post Permudah Bayar Pajak, P3DW/Samsat Ciamis Gelar Sosialisasi Sardencis “Simpel Dahsyat” appeared first on Website Resmi Ciamiskab.

Share This Article
Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *